Thursday, April 6, 2017

Contoh RPP dengan Model Pembelajaran Take And GIve

Dalam kegiatan belajar mengajar, salah satu yang harus di capai adalah tujuan pembelajaran yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Terdapat berbagai macam cara yang dapat meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar mengajar. salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran.

pada postingan kali ini, akan di bahas model pembelajaran Take and Give. mencakup pengertian, langkah-langkah, kelebihan serta kekurangan dilengkapi dengan contoh RPP dengan menggunakan model Take and Give.

baca juga : contoh RPP dengan model NHT

Take and Give secara bahasa berarti "saling membagi dan menerima". hal itu senada dengan pendapat Huda (2013, hlm.241) Take and Give merupakan model pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada siswa. didalam kartu, ada catatan yang harus dikuasai atau dihafal masing-masing peserta didik. Peserta didik kemudian mencari pasangannya masing-masing untuk bertukar pengetahuan sesuai dengan apa yang didapatnya di kartu, lalu kegiatan pembelajaran diakhiri dengan mengevaluasi peserta didik dengan menanyakan pengetahuan yang mereka miliki dan pengetahuan yang mereka terima dari pasangannya. Beberapa ahli percaya bahwa suatu mata pelajaran benar-benar dikuasai banyak, apabila peserta didik mampu mengajarkannya pada peserta didik yang lain.

 Model Pembelajaran menerima dan memberi (Take and Give) merupakan model pembelajaran yang memiliki sintaks, menuntut siswa mampu memahami materi pelajaran yang diberikan  guru dan teman sebayanya (siswa lain). 
Kelebihan: 
  • Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan siswa yang lain.
  • Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan  penguasaan siswa akan informasi. 
Kelemahan:
  • Bila informasi yang disampaikan siswa kurang tepat (salah) maka informasi yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat. 
 sebelum melaksankan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model  Take and Give  siapkan terlebih dahulu kartu yang berisi nama siswa, bahan ajar dan nama yang diberi informasi. contoh kartu dapat dilihat pada gambar di bawah :
 

Dalam melakukan metode take and give ini ada beberapa yang langkah yang harus dilakukan oleh pendidik  yaitu :
  1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya.
  2. Jelaskan materi sesuai topik menit.
  3. Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) kurang lebih 5 menit.
  4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu control.
  5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing.
  6. Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
  7. Strategi ini dapat dimodifikasikan sesuai keadaan.
  8. Kesimpulan.
sumber : http://www.asikbelajar.com/2014/09/model-pembelajaran-take-and-give.html 
 
untuk lebih jelas nya silakan unduh contoh RPP dengan model pembelajaran Take and Give pada link di bawah ini :
 


No comments:

Post a Comment

Contoh RPP dan Pengertian Model Pembelajaran Inquiry

Suatu pembelajaran biasanya akan lebih efektif jika suatu pembelajaran tersebut didesain supaya menyenangkan bagi siswa. Salah satunya yait...