Saturday, December 10, 2016

Contoh RPP Model Example non Example terbaru

Guru saat ini dituntut untuk selalu inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. karena hal itu dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. salah satu yang perlu dilakukan seorang guru untuk menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran. untuk memberi materi pelajaran kepada siswa dengan efektif maka seorang pendidik (guru) harus menggunakan model pembelajaran yang efektif pula.

salah satu model pembelajaran yang inovatif dan efektif adalah "model pembelajaran example non example". apakah itu model example non example? bagaimana langkah-langkahnya? serta bagaimana kekurangan dan kelebihannya? mari kita pelajari bersama.

baca juga : model pembelajaran talking stick

PENGERTIAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE




Model Example non Example adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan.

Menurut Buehl (1996) dalam Apariani dkk, (2010:20) menjelaskan bahwa examples non examples adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri dari examples dan non examples dari suatu definisi konsep yang ada dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang ada. Examples memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas, sedangkan non examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas.

Model Pembelajaran Examples non Examples menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Media gambar merupakan salah satu alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang dapat membantu mendorong siswa lebih melatih diri dalam mengembangkan pola pikirnya. Dengan menerapkan media gambar diharapkan dalam pembelajaran dapat bermanfaat secara fungsional bagi semua siswa. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa diharapkan akan aktif dan semangat untuk belajar.

Pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples melatih siswa untuk dapat mampu berpartisipasi aktif dan berkomunikasi. Kemampuan ini sangat penting sebagai bekal mereka dalam kehidupan di masyarakat kelak. Oleh sebab itu, sebelum melakukan kooperatif, guru perlu membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi. Tidak setiap siswa mempunyai kemampuan berkomunikasi, misalnya kemampuan mendengarkan dan kemampuan berbicara, padahal keberhasilan kelompok ditentukan oleh partisipasi setiap anggotanya.

baca juga : model pembelajaran Make a Match

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Examples Non Examples
      Menurut (Agus Suprijono, 2009 : 125) Langkah – langkah model pembelajaran  

     Examples Non Examples, diantaranya :   
    1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.

        Gambar-gambar yang digunakan tentunya merupakan gambar yang relevan dengan 
        materi yang dibahas sesuai dengan Kompetensi Dasar.
    2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD/OHP/In Focus
        Pada tahap ini Guru dapat meminta bantuan siswa untuk mempersiapkan gambar 
        dan membentuk kelompok siswa.
    3. Guru memberi petunjuk dan kesempatan kepada peserta didik untuk memperhatikan/
        menganalisa  gambar.
        Peserta didik diberi waktu melihat dan menelaah gambar yang disajikan secara 
        seksama agar detil gambar dapat dipahami oleh peserta didik, dan guru juga memberi
        deskripsi tentang gambar yang diamati.
    4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
         dicatat pada kertas. 
         Kertas yang digunakan sebaiknya disediakan guru.
    5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
        dilatih peserta didik untuk menjelaskan hasil diskusi mereka melalui perwakilan
        kelompok masing-masing.
    6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai
          dengan tujuan yang ingin dicapai.
    7. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE
Kelebihan :
Menurut Buehl (Depdiknas, 2007:219) mengemukakan keuntungan metode example non example antara lain:
  • Siswa berangkat dari satu definisi yang selanjutnya digunakan untuk memperluas pemahaman konsepnya dengan lebih mendalam dan lebih kompleks.
  • Siswa terlibat dalam satu proses discovery (penemuan), yang mendorong mereka untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari example dan non example
  • Siswa diberi sesuatu yang berlawanan untuk mengeksplorasi karakteristik dari suatu konsep dengan mempertimbangkan bagian non example yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang merupakan suatu karakter dari konsep yang telah dipaparkan pada bagian example.
Keunggulan lainnya dalam model pembelajaran examples non examples diantaranya :
  • Siswa lebih berfikir kritis dalam menganalisa gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD)
  • Siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD)
  • Siswa diberi kesempata mengemukakan pendapatnya yang mengenai analisis gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD)
Tennyson dan Pork (Slavin, 2002) menyarankan bahwa jika guru akan menyajikan contoh dari suatu konsep maka ada tiga hal yang seharusnya diperhatikan, yaitu:
  • Urutkan contoh dari yang gampang ke yang sulit. 
  • Pilih contoh-contoh yang berbeda satu sama lain. 
  • Bandingkan dan bedakan contoh-contoh dan bukan contoh.
Dampak instruksional dan dampak pengiring yang dimiliki model pembelajaran Examples Non Examples. Dampak instruksional adalah dampak yang terlihat setelah kegiatan pembelajaran. Sedangkan dampak pengiring adalah damapak yang tidak langsung terlihat, akan tetapi mengiringi dampak instruksional. Pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dampak instruksionalnya adalah siswa menjadi lebih aktif, berani mengemukakan pendapat atau gagasannya sendiri, aktif berdiskusi, dapat belajar dari pengamatan sendiri. Dampak pengiringnya adalah siswa mampu meningkatkan kerjasama secara kooperatif untuk materi yang ditugaskan, bertanggung jawab, berusaha memahami materi dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
Kelemahan :
Ada dua kelemahan dalam menggunakan model Examples Non Examples, diantaranya : 
1)        Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar.       
2)        Memakan waktu yang banyak.
 
demikian pembahasan tentang materi model Examples Non Examples, semoga dapat menambah wawasan kita bersama. 

sebagai tambahan bagi teman-teman yang ingin mencari contoh RPP dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples silakan klik link di bawah ini :
link 1     : Ilmukami
link 2     : scribd


1 comment:

Contoh RPP dan Pengertian Model Pembelajaran Inquiry

Suatu pembelajaran biasanya akan lebih efektif jika suatu pembelajaran tersebut didesain supaya menyenangkan bagi siswa. Salah satunya yait...